Sebagai guru yang selalu digugu dan ditiru, senantiasa harus menjaga sikap sehari-hari. Setiap manusia pastilah mempunyai kekurangan, kadang tanpa kita sadari sifat ceroboh yang kita lakukan di depan anak didik kita  akan dengan mudahnya ditiru.

Anak-anak yang mencontoh tingkah laku orang dewasa layaknya mesin foto kopi. Maka dari itu dalam proses penumbuhan kemandirian dan rasa percaya diri pada anak, guru harus berusaha menjadi model yang baik.

Dalam proses transfering values and knowledge, guru yang baik akan senantiasa mengajar dan berkomunikasi kepada anak-anak. Dengan demikian, seorang guru dapat mencetak anak didik menjadi generasi yang hebat dan mampu menjadi generasi rahmatan lil’alamin. Untuk itu, guru harus kreatif dan professional. Bagaimana ciri-cirinya?

  1. Fleksibel, yaitu mampu memahami cara belajar dan mendekati anak didik melalui berbagai cara sesuai kecerdasan dan potensi masing-masing anak.
  2. Optimis terhadap perubahan anak didik ke arah yang lebih baik.
  3. Respek
  4. Cekatan
  5. Humoris
  6. Inspiratif, yaitu mampu menemukan banyak ide dari hal-hal baru yang positif di luar kurikulum.
  7. Lembut; kesabaran, kelembutan, dan rasa kasih saying akan lebih efektif dalam proses KBM dan lebih memudahkan munculnya solusi bila masalah muncul.
  8. Disiplin
  9. Responsif; cepat tanggap terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.
  10. Empatik
  11. Nge-friend
  12. Suka dengan anak

Disarikan dari buku “Kenapa Guru Harus Kreatif?” karya Kak Andi Yudha oleh Bu Dhina