Ulama mengatakan, sujud ketika sholat adalah waktu manusia paling menggalakkan sistem pernafasan dan mengembalikan kedudukan organ ke tempat asalnya. Dari sudut perobatan, kesan sujud yang lama akan menambahkan kekuatan aliran darah ke otak yang bisa mengurangi sakit kepala dan migrain, meyegarkan otak serta menajamkan akal fikiran sekaligus menguatkan mentalitas seseorang. Hikmah yang diperoleh dari gerakan sujud ketika sholat :

  1. Membetulkan kedudukan urat pinggang yang terkeluar sedikit dari tempat asalnya
  2. Membetulkan posisi kantong rahim yang turun
  3. Melegakkan sakit hernia
  4. Mengurangi sakit nyeri saat haid
  5. Melegakan paru-paru dari ketegangan
  6. Mengurangi rasa sakit bagi penderita apendiks atau limpa
  7. Kedudukan sujud adalah paling baik untuk istirahat dan menyeimbangkan bagian belakang tubuh
  8. Meringankan bagian pelvis
  9. Memberi dorongan supaya mudah tidur
  10. Menggrakkan otot bahu, dada, leher, perut serta punggung ketika akan sujud dari bangun sujud. Pergerakan otot ini akan menjadikan ototnya lebih kuat dan elastik secara alami dan ia juga akan membantu kelancaran peredaran darah
  11. Bagi wanita, pergerakan otot itu menjadikan buah dadanya lebih baik, mudah berfungsi untuk menyusukan bayi dan terhindar dari sakit buah dada
  12. Sujud juga mampu mengurangi kegemukan
  13. Pergerakan bagian otot sewaktu sujud juga bisa memudahkan wanita bersalin. Organ kandungan mudah kembali ke tempat asal serta terhindar dari sakit gelombang perut (convulsions)
  14. Organ terpenting yaitu otak juga akan menerima banyak bekalan darah dan oksigen.

Menghindarkan pendarahan otak jika tiba-tiba menerima penyemburan darah ke otak secara kuat dan mendadak.Dari segi psikologi, sujud menimbulkan rasa rendah diri di hadapan Yang Maha Pencipta sekaligus menghilangkan sifat sombong, ria, takabur dan sebagainya.

by Bu Sita (B Mobil)

Advertisements